Aku juga bisa ngambek !

Sudah beberapa hari ini, nasi di rumah selalu cepat basi. Pagi masak, sore basi. Malam masak pagi basi.
Sedih rasanya hati ini melihat nasi di buang buang.
Add caption
Selain pemborosan beras, pemborosan listrik, gara gara nasi basi ini juga membuat boros tenaga. Hampir tiap pagi dan sore ribet masak nasi. Paling sebel kalau lauk sudah matang siap dimakan, setelah buka tempat nasi ternyata nasinya udah lembek.
Belum basi memang, baru menjelang basi. Tapi tetep aja takut kalau mau makan.
Saya coba nanya sama mbah google, tapi jawabannya sangat tidak memuaskan. Masa Cuma gara gara nasi basi beberapa hari ini, saya disarankan untuk membeli majic com baru? Sungguh bukan saran yang yang menarik. Buat saya, membeli majic com baru itu sesuatu yang berat kalau dalam kondisi dadakan seperti ini. Pasalnya, saya memang rada rada pelit kalau buat beli perabotan baru. Kalau yang lama masih dipakai kenapa sok sok an beli baru. Lagian, dapur udah sempit. Bingung, perabotan itu mau ditaruh di mana ? Setelah ditelusuri lebih dalam ternyata, yang kasih saran ke saya itu emang tukang jualan majic com. Pantesan aja…….
 Saya curhat ke tetangga, tetangga bilang nasinya itu lagi ngambek, marah marah. Waduh, gawat ! Saya jadi takut. Jangan jangan, saya yang buat dia ngambek. Menurut tetanggaku yang orang aseli sunda itu,  kalau nasi basi itu pertanda buruk. Bisa jadi, orang tua kita dirumah sedang sakit. Atau ada saudara dekat yang nggak enak badan ( semacam masuk angin gitu).
Bisa juga, itu pertanda kalau hubungan suami istri di rumah itu sedang buruk. Suami nya sedang selingkuh di luar. Atau ada hal hal yang membuat hubungan mereka bermasalah. Seperti sedang bertengkar, atau sedang musuhan. Wow….horor……
Katanya lagi, nasi itu perlambang kehidupan di rumah. Sudah tau kan orang Indonesia itu makanan pokoknya apa ? Kalau nggak ada nasi nggak kenyang, dan kalau nggak kenyang bakalan ngambek ngambek. Nah, nasi pun juga bisa ngambek. Misalnya nih, kamu kemarin buang buang makanan sisa, itu nasi nantinya marah temennya dibuang. Rasanya, mendengar cerita itu saya pengen ketawa. 
Tapi saya tahan demi kesopanan. Soalnya, yang ngomong begituan itu nenek nenek. Nggak mau kan, kalau tiba tiba saya ketawa nanti nenek nenek langsung ngambek dan marah marah.
Saya tidak bisa ngebayangin, kalau orang orang yang diet, yang separoh hidupnya Cuma makan buah sama sayur itu bakalan kaget melihat pepayanya busuk dikulkas. kan makanan pokok mereka buah sama sayur .....
Tapi memang sih, kabar seperti itu juga banyak beredar di wonogiri. Tempat kelahiran saya. Seperti halnya mbah dhe saya yang suadah lama di pekanbaru. Mbah dhe ngotot ada yang sakit dirumah. Atau ada yang berantem cuma gara gara nasinya cepet basi tidak seperti biasanya. Nasi basi itu, dianggapnya sebuah sinyal buruk. 
Sejak menjadi seorang istri, hampir setiap hari saya masak nasi. Dan memang, kadang kadang nasi itu bisa cepet basi. Kadang kadang bisa tahan sampai dua hari. Saya ganti beras yang lain, tapi tetap hasilnya sama. Saya kurangi airnya biar nggak lembek, tapi tetap hasilnya benyek. Ajaibnya, tanpa diapa apain kadang sembuh sendiri. Nasinya bisa normal kembali. Nggak benyek dan nggak cepat basi. Iseng iseng, saya coba teliti juga kabar burung ini. Bener nggak sih, kalau nasi cepet basi itu tandanya lagi ngambek?
Dan….inilah beberapa fakta yang saya temukan di tkp.
1.  Nasi basi saat ada yang sakit.
Memang, saya sering banget menemui kejadian, saat anakku sakit, atau suamiku sakit, nasi kadang cepat basi dari biasanya. Pasalnya, saat mencuci nasi itu saya buru buru pengen ngurusin yang lagi sakit. Jadinya, area di tutup majic com nya itu basah nggak sempet dilap. Jadi pas masak nasi, air sisa kemarin yang belum dilap itu jatuh ke dalam calon nasi baru. 
2.  Nasi basi saat marahan.
Betul, emang iya…kadang ketika saya lagi marahan sama suamiku, nasi di majic com nggak bertahan lama. alias cepet basi. Pasalnya, ketika masak nasi saya terlalu lama nyucinya. Tak bejek bejek dengan penuh emosi sampai berasnya ancur. Jadinya, mungkin berasnya bau busuk tangan saya. Namanya juga lagi marahan, jadi pengen ngamuk. Dan males mau masak. Nggak Cuma males masak, tapi juga males mau ngapa ngapain. Males nyuci, males, males jemur, males makan, pokoknya isinya malesss….semua.
Oke, dari analisa saya diatas, saya percaya kalau nasi cepat basi itu ada hubungannya dengan anak sakit atau lagi marahan sama suami. Tapi, saya belum menemukan hubungan pasti antara nasi basi dengan saudara di kampung sakit. Atau.......nasi cepet basi karena adanya perselingkuhan terselubung sang suami. Kalau yang diajak selingkuh itu tukang jual majic com sih, saya percaya. Kalau nasi basi karena saudara di kampung sedang ada yang marahan, sudah ada yang membuktikan mungkin?




Komentar

  1. Masih garansi nggak mak? Punya saya pernah nggak bisa mateng sempurna, akhirnya basi. Saya googling nomor telepon service merk tsb di kota saya. Di telepon mereka memberikan alamat service, ternyata itu sebuah gudang besar. Tapi meskipun magic jar sy yg ukuran paling kecil yang berarti paling murah, tetep dilayani dengan baik, ganti sparepart gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah nggak garansi, mak...udah lama belinya. Hehe...

      Hapus
  2. aku pernah juga mak, nasi basi gara2nya aku nyabut steker magic com trus lupa manasin lagi, sedih buang nasi. Coba cek karet yang ada di penutupnya, katanya kalo itu rusak bisa membuat nasi cepet basi. Katanya lo ya, saya juga ga tahu bnr pa ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,mak...kayaknya modelnya ini juga pengaruh. Jadi tutupnya yang dlm itu gak bisa dilepas kayak majic com jaman dulu yang bisa di cuci.

      Hapus
  3. kalau masak nasi pake magic com sebenarnya bisa tahan sampai berapa jam si mak? kok bs basi? hehe saya kalau masak cuma sampai makan siang aja, kalau malam beli nasi goreng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di tempat ibu saya , biasanya dua hari tahan mbak... tergantung berasnya juga, bagus apa nggak

      Hapus
  4. aku pernah gitu,buang deh nasinya padahal masih banyak. Alkhirnya mengikuti saran, menggunakan tetesan air jeruk nipis pada air yang digunakan untuk memasak, so far so guuud Maak

    BalasHapus
  5. baru tahu nasi basi itu, dianggapnya sebuah sinyal buruk mba

    BalasHapus
  6. saya di rumah kalo memasak nasi engga pake majic com mba hehe masih pake tungku hawu gitu hehehe dan nasinya pun bisa tahan sampe 2 hari :)

    BalasHapus
  7. Dulu Pernak dirumah Magic Jar juga gitu mak, di reparasi habis 30rb sembuh mak. Hehehehehe udah gak ngambeg dia

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Yang banyak Dibaca

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Peyek Jengkol

Trip Sukabumi # Pantai Cibangban

Taman Buaya Indonesia Jaya