Postingan

Menampilkan postingan dari 2015

Tentang Doa-Doa yang Salah

Gambar
Dulu, saya bukan termasuk orang yang suka berdoa. Tidak pernah meminta sesuatu secara khusus memohon kepada Allah SWT. Sampai suatu ketika, saya dengar ceramah dari seorang ustadz, bahwa manusia itu diwajibkan meminta kepada Allah dengan doa-doa. Sebutlah apa kemauanmu dan Allah akan memperhitungkan dikabulkan atau nggak permohonanmu.

“Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.(QS Yusuf: 86)

Suatu hari, saya merasa tubuh ini udah terlalu gendut. Sampai kepikiran ingin diet biar kembali langsing seperti semula. Seperti biasa, hal-hal kecil kadang saya adukan pada Allah. Kayak masalah gendut yang saya alami itu, misalnya. Doa saya begini,

"Ya Allah aku pengen kembali langsing..."

Dua hari berikutnya, saya sariawan. Mulut dipakai buat makan perihnya minta ampun. Sampai semingguan baru sembuh, itupun masih sakit banget kalau buat ngunyah makanan yang tajam kayak keripik. Jadinya, cemilan nggak banyak yang masuk ke mulut.

Seminggu terserang sariawan…

Rejeki Bertetangga

Gambar
Udah semingguan ini shabir sariawan nggak mau makan. Minta dibikinin bubur, tapi tetap nggak mau makan. Dikasih cemilan juga nggak doyan. Tapi hebatnya, kalau makan mie pasti sariawannya sembuh seketika. Jangan coba-coba ganti bumbu mie dengan garam plus gula, sariawannya pasti bakal kambuh lagi.

Kemarin, Shabir main ke rumah tetangga. Lumayan agak lama, sampai saya selesai beresin rumah plus masak. Waktu disamperin, ternyata si doi lagi disuapin sama yang punya rumah. Saya lihat-lihat makannya lahap. Waktu ditanya apakah lidahnya masih sakit, dia bilang udah sembuh. Makannya nambah sampai tiga kali. Hadewh...dikirain emaknya bohong nih :)

Sampai rumah ganti baju langsung tidur. Biasanya ribet dulu minum susu, minta makan ini itu tapi rewel. Tapi kemarin itu dia dan kakaknya tidur pulas abis ngelayap ke tetangga.

Tadi pagi, liat ada tetangga depan rumah lagi nyuapin anaknya. Basa-basi kutanyain makan pakai apa, ternyata makan pakai lele kremes. Agak asing, karena memang saya belum pe…

Peyek Jengkol

Gambar
Siapa sih, yang nggak kenal sama jengkol? hampir semua orang di Indonesia tau jengkol itu apa. Meskipun di beberapa daerah ternyata jengkol memiliki julukan masing-masing. Kayak di Jawa, jengkol di sebut erring, orang Sulawesi menyebutnya lubi, jariang untuk orang minangkabau, sedangkan orang Lampung menyebutnya jaring. Walaupun sebenernya yang dimaksud sama, buah berbentuk polong berwarna kecoklatan dengan aroma yang khaaaaas banget. Kalau menurut saya sih, mendingan pakai nama jengkol aja untuk personal branding biar mudah dikenal orang(hmmm...)

Saking terkenalnya, jengkol sampai dibikin FTV segala lho. Liat aja tuh, kadang ada FTV yang judulnya nyleneh. Cantik-cantik jengkol, Jeng jengkolin, Kau makan jengkol kau ku tangkap, Jengkol jengkol cantik, Maju mundur jengkol, Mama minta jengkol dan masih banyak lagi judul yang berbau jengkol.  

Ngomongin masalah bau, semua orang juga udah tau kalau jengkol itu membuat mulut bau. Tapi justru bau itulah yang di cari. Salah satu teman saya yan…

Menjadi Orang Tua Yang Rajin Belajar

Hari ini, kakak Shasha bertanya.

"Bunda...apakah orang yang tidak beragama islam itu bisa masuk islam?"

"Bisa banget..."

"Caranya bagaimana?"

"Mengucap dua kalimah syahadat, bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan nabi Muhammad utusan Allah"

"Apakah orang yang bukan islam itu juga wajib haji?"

"Yang wajib berhaji itu hanya orang islam, agama lain tidak mewajibkan umatnya untuk berhaji"

"Berarti, orang yang masuk islam itu nggak boleh berhaji?"

Saya diam, mikir sebentar dan tau maksudnya apa.

"Maksudnya mualaf?" tanyaku.

"Mualaf itu apa?" dia balik nanya.

"Mualaf itu orang yang baru masuk islam"

"Oh..." dia manggut-manggut

"Apakah mualaf itu juga wajib berhaji?"

"Wajib jika dia mampu. Semua orang yang beragama islam, wajib melakukan 5 hal. Mengikrarkan 2 kalimah syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji" penjelasan saya agak panjang, tapi sepertinya dia n…

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Gambar
Waktu pertama kali dengar nama kampung turis, bayangan yang terlintas di benak adalah sebuah kampung yang banyak turisnya. Atau...sebuah tempat yang isinya menjual aneka jajanan berbau asing. Kayak di kampung cina, yang isinya macam-macam barang yang berbau kecinaan. Tapi ternyata saya salah. Kampung turis ternyata sebuah resto(tempat makan), tempat ngumpul bareng, tempat renang, tempat main anak, sekaligus tempat nginep. Bahasa gaulnya, Resort and Waterpark.

Kampung Turis berlokasi di Kp. Parakan, desa Mekar Buana, kecamatan Tegal Waru-Loji, kab Karawang, Jawa barat.

Jadi ceritanya, minggu pagi itu rencananya kami sekeluarga mau ke curug Cigentis. Di daerah Loji juga. Tapi berhubung pagi itu, saat mau berangkat mobil ngambek jadilah kami nunggu mobil pulang dari bengkel. Pulang dari bengkel sudah jam 11 siang. Kalau nggak jadi berangkat rasanya galau banget, kalau berangkat sepertinya tidak memungkinkan karena perjalanan dari rumah ke Loji saja sudah 2 jam. Kalau mau nekat ke curug ci…

Taman Buaya Indonesia Jaya

Gambar
Kalau bukan karena saya googling tempat wisata murah meriah di bekasi waktu itu, mungkin kami nggak pernah tau kalau di bekasi ternyata ada tempat penangkaran buaya. Taman Buaya Indonesia jaya nama tempatnya. Tempat penangkaran buaya ini berada di daerah serang. Lebih tepatnya di jalan serang-cibarusah, bekasi. Sebenernya kami udah sering banget lewat jalan raya di depannya. Kalau mau ke Mekarsari, untuk menghindari jalan rusak dan macet biasanya kami lewat  sini. Tapi baru ngeh kalau ada tempat penangkaran buaya.

Tepat di depan pintu masuknya, ada sebuah patung buaya besar lagi mangap. Agak syerem sih...anakku aja foto sambil nyengir-nyengir. Saat hendak masuk, kami di mintai bayaran 15 ribu per orang. Pantesan, tempat wisata ini disebut-sebut jadi salah satu wisata murah meriah di bekasi.
Kebetulan waktu itu kami datang hari minggu. Ketika kami baru saja masuk, acara atraksi buaya ternyata sudah dimulai beberapa menit sebelumnya. Jadilah kami nonton pertunjukan buaya dulu. Pertunjukan…

Remeh-Remeh di ATM

Gambar
Tanggal 28 kemaren, bangun tidur hati langsung berbunga-bunga. Biasalah, emak-emak seperti saya ini kalau ditanyain kapan terakhir haid pasti lupa. Tapi kalau ditanya kapan mau ngambil duit, dalam keadaan tidur aja masih inget :D

Pagi-pagi selesai ritual rutin, rencananya mau langsung ngabur ke atm. Niat banget ngambil duitnya pagi, coz kalau agak siangan dikit tanggal-tanggal segitu biasanya ngantri sampai ke jalan-jalan. Ngenes lagi, kalau pas udah sampai giliran ambil duit, duitnya abis. Alamaaaak....sakitnya tuh di sini*ngusap dengkul. Biar nasib buruk itu nggak menimpa hidup ini, mending dibela-belain pergi ke atm nya pagi aja. Berhubung atm nya deket rumah, kupikir nggak perlu mandi sama dandan. Jadilah saya pergi ke atm pakai celana panjang hitam, sama kaos panjang plus kerudung lebar yang biasa ku pakai sehari-hari. Nggak kelihatan lusuh-lusuh amat sih...cuma ya itu, muka masih tembem abis tidur:)

Sampai di atm, cuma ada bapak-bapak lagi sibuk di depan atm BNI. Kebetulan at…

Trip Sukabumi #Museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan

Gambar
Kemarin, saat kami berkunjung ke Sukabumi mengikuti kaki melnagkah dan nggak tau mau melangkah ke mana lagi, akhirnya ada informasi katanya di Parung kuda ada sebuah museum. Museumnya bernama museum Palagan Perjuangan Bojongkokosan. Dari luar, kami sama sekali nggak mengira kalau di dalam sebuah area yang ada patung gedenya itu ada museum tersembunyi.


Saat kami mau masuk pun, bingung mau masuk lewat mana. Ada beberapa anak berseragam sekolah yang mlipir mlipir di dekat pagar. Ketika kami dekati, ternyata itu bukan  jalan masuk utama. Hanya jalan kecil buat lewat satu oarang yang suempit banget.

Setelah muterin wilayah berpagar itu, kami akhirnya bertemu dengan seorang bapak dan ditunjukinlah ke mana kami harus masuk. Mendekati pintu gerbang utama, banyak anak sekolah yang lagi nongkrong. Eh, ngomong-ngomong pintu gerbang...pintu gerbang masuknya ternyata udah nggak layak banget. Seperti mau roboh dan susah dibuka #ngenes

Saat kami masuk nggak ada satupun yang menyambut #eaaaaa emang …

Sop Ayam Sederhana

Gambar
Semua orang pasti udah pada tau kan apa itu sop ayam? Sayur sop, semacam sayur berkuah yang di dalamnya ada macam-macam sayur. Ada wortel, kol, kembang kol, brokoli, daun bawang, daun seledri, kentang, buncis. Nggak semua harus ada sih...bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Sayur sop, kalau tanggal muda kadang dicampur tetelan sapi, kadang fillet ayam, bakso, sosis. Kalau tanggal tua isinya cuma wortel sama kol. Biar berasa ayam, tinggal ditambahin kaldu bubuk rasa ayam :D

Sayur sop ini selain mudah juga jadi andalan menu kalau lagi sakit. Hangat-hangat bisa bikin badan seger. Makanya nggak heran, kalau orang Wonogiri sana bilang sayur sop ini "jangan seger". Jangan artinya sayur. Sedangkan seger artinya ya seger buger hehe...alias sayur yang bikin badan kembali seger.

Berhubung di dalamnya banyak terdapat sayuran, jadi menu ini juga merupakan menu yang super sehat.




Bahan:

2 batang wortel
1 buah kembang kol (kalau ada)
1 batang daun bawang dan seledri
Garam secukup…

Foto Season (1)

Gambar
Yang namanaya tukang foto amatiran itu, kadang sekali jepret nggak langsung jadi. Ada yang gambarnya burem, ada yang warnanya pudar, ada yang gayanya nggak kece de el el de el el. Kadang juga, jeprat jepret sampai memori habis tetep aja gambarnya burem (kalau ini kayaknya yang salah yang difoto bukan yang nge jepret)

Kalau udah gitu, biasanya langsung frustasi. Geletakin hp atau kamera trus melapangkan hati. Kalau masalah foto-foto itu kadang saya nggak bisaan. Saya juga nggak seneng kalau hasil foto itu kudu diedit. Maunya jepret langsung pasang.

Tapi setelah liat-liat hasilnya yang burem-burem itu tadi, kadang terbersit rasa bangga lho#ehemmm.Yang burem-burem itu ternyata enak juga dipajang. Dijadiin ranjau tikus gitu maksudnya hehe...Tapi beneran deh, kalau foto yang kita anggap nggak jadi itu kadang seru juga di buat gambar postingan blog #eaaaa

Kayak foto di bawah ini nih...

  NUNGGU TUKANG SAYUR





       NGILANGIN CABE DI GIGI




Seru kan...?????
Jadi lain waktu kalau ada foto burem-b…

Nggak Usah Dimirip-miripin

Gambar
Semingguan ini kakak lagi uts. Dan uts kali ini memang uts yang banyak mengalami perubahan. Kakak udah nggak seperti dulu lagi yang langsung cling tiap ditanya materi pelajaran. Sekarang ini, si dia loadingnya agak lama. Kalau menurut dari hasil penelusuran yang saya lakukan, berdasarkan cek dan ricek iseng iseng, ada beberapa faktor yang melatar belakanginya. (hiyahh….resminya…) Salah satu faktornya adalah karena adeknya (lho?)
Iya, adeknya…..

TripSukabumi#Pantai Karang Hawu

Gambar

Daging Qurban kalengan

Gambar