Memotivasi Dengan Cara Yang Baik

Mei 28, 2015


Kalau bisa memotivasi dengan kata kata yang positif kenapa harus memotivasi dengan cara negatif ?

Kadang kala saya mendengar seseorang dengan bangganya bilang, kalau dia baru saja memotifasi orang dengan cara "mengecilkannya". Atau bisa saya katakan melecehkan kemampuan orang yang di motifasi.

Maksudnya apaan nih ?

Misalnya, begini....

Dalam kehidupan kita sehari hari, kadang ada masa masa kita butuh suntikan motifasi dari orang orang terdekat, ataupun teman, atau kenalan, atau saudara yang lain. Dan nggak jarang juga saya dengar, ada yang memotifasi dengan kata yang baik dan ada juga yang memotifasi dengan kata buruk.

Contoh :

"Ayo...kamu pasti bisa nembus media itu. Teruslah berusaha. Dan jangan sungkan untuk bertanya jika tidak mengerti"

Ini adalah contoh motivasi yang positif. Kenapa saya mengatakan ini motivasi positif? Karena di kata kata ini mendorong saya atau seseorang untuk berusaha lebih keras lagi.
Jika kata kata itu ditujukan kepada saya, hal yang pertama kali saya rasakan adalah perasaan bahagia, aman, nyaman, tenang. Selanjutnya, saya akan ngebut nulis, ngebut belajar, ngebut kirim tulisan ke media. Saya tidak mau mengecewakan orang lain. Saya akan buktikan bahwa saya bisa melakukannya. Dan saya akan buktikan itu!

Nah, contoh kata motivasi yang kedua:

"Halah, tulisan jelek seperti ini mana bisa nembus media. Jangankan nembus media, lha wong nulis di blog aja nggak ada yang baca"

Hal pertama yang saya rasakan adalah kecewa, sedih, marah, sakit hati, dendam. Kemudian saya akan ngebut nulis, ngebut belajar, ngebut kirim ke media. Dengan tujuan ingin membuktikan bahwa apa yang dia katakan itu salah. Saya akan buktikan itu!


Keduanya memiliki peran sama, yaitu memotivasi. Tapi jika dilihat lebih dalam lagi, kedua cara memotivasi itu sangatlah berbada. kalimat pertama membuat orang bahagia dan dengan sedirinya dia kan melakukan hal hal yang positif. Sedangkan cara yang kedua membuat orang marah, sakit hati, dan sangat sangat berambisi. Tapi ambisi di sini auranya sanyat negatif# haluwah kayak paranormal aja yak

Sama kayak ketika saya disodorin sebuah gambar sama Shasha. Padahal gambarnya jauh banget dari nilai baik alias amburadul tapi saya bilang,

"Gambarnya bagus kak....coba gunungnya jangan warna pink tapi hijau. Daunnya juga nggak berwarna biru, tapi hijau. Pasti lebih bagus lagi kayak daun beneran."

Kata kata ini jika didengar anak anak bahkan orang dewasa  pasti akan merasa bahagia. Mereka semangat untuk bisa memperbaikinya.

Coba saja kalau pas saya disodorin gambarnya yang jelek itu trus saya bilang,


"Halah, dari dulu kamu tuh emang nggak bisa gambar. Masak gunung pink? Mana ada gunung pink?"

Sudah tak jamin...nggak dewasa nggak anak anak, kalau denger kalimat itu pasti akan ngambek. Atau malah makin semangat buat gambar yang lebih bagus, tapi kemudian nggak berani untuk menampilkannya. alias diumpetin. Takut dikritik lagi, takut dibilang jelek. Anak anak mana tahu kalau kritik itu membangun#eaaaa..

Saya malah sering sekali mendengar kritikan kritikan beraura negatif seperti itu. Sering banget yang mampir ke telinga. Bahkan ada yang sampai membuat sakit hati. Dan sakit hatinya itu di pendam terus meski sudah bertahun tahun berlalu. Menyedihkan ya...
.
Dan sering juga saya mendengar orang berkata seperti ini,

"Biarin aja....tak hina habis habisan biar dia tergerak untuk maju"

Memang benar, orang akan lebih cepat sukses kalau dihina. Katanya sih, seperti itu. Tapi tidakkah disadari bahwa ketika dihina seseorang akan menyimpan hinaan itu sepanjang tahun bahkan ada yang sepanjang umur. Betapa kasihannya jika seumur hidup seseorang menyimpan kata kata buruk di dadanya. 

Makanya, mulai dari sekarang, dimulai dari diri sendiri, dan dari hal hal yang paling kecil sekalipun, sebisa mungkin motivasi negatif itu saya hindari. Kalau bisa berkata baik kenapa harus berkata yang baruk. Meskipun tujuannya sama demi kebaikan, alangkah baiknya jika kita berkata yang baik saja.

Ah, jadi mbuletttt.....yo wis, pokoknya gitu deh...




You Might Also Like

0 komentar

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Popular Posts

I'm Member Of

I'm Member Of

I'm Member Of

I'm Member Of