Tugas Berat


"Dek, bunda capek nih...kamu main sendiri dulu ya..." Mataku lesu, badan lemah. Rasanya udah nggak kuat ngegotong badan kemana-mana.

Dan saat itu, bira lagi strong strongnya mau maenan. Saya celingak celinguk nyari sesuatu untuk bisa di ajak mainan. Minimal ada yang bisa diajak ngomong. Tapi adanya cuma boneka beruang yang gendut badannya tapi bisu :(

Nggak berapa lama, saya nemu beberapa lembar origami warna warni sisa kakaknya semalam. Dan saya akhirnya punya ide cantik. Biar gak minta bantuan, saya kasih tugas aja dia nyobekin kertas. Tugas super gampang kan?

Akhirnya, saya sediain dia meja, kertas, lem. Jadi maksud saya, abis nyobekin kertas, kertas sobekannya itu ditempelin ke kertas hvs yang masih utuh.

Ngeliat saya nyiapin semua peralatannya, bira seneng banget. Lalu saya kasih tau "aturan mainnya". Beberapa saat kemudian, saya pun nyuruh bira melakukan apa yg sudah saya kasih tau. Huh...lega...emaknya gak menyia nyiakan kesempatan itu dong. Saat tuh anak sibuk, pengennya langsung selonjoran, terus megang hp.





Tapi ternyata, harapan tidak sesuai kenyataan. Bukannya anteng, 3 menit berikutnya dia malah rewel. Rewel karena ternyata dia susah sekali nyobekin kertasnya. Oalah mpok...nyobekin kertas itu ternyata susah ya?

Bira malah nangis meraung raung karna dia nggak sanggup nyobekin kertas. Dan mimpi saya untuk selonjoran sambil pegang hp pun sirna. Salah kasih kegiatan.

Pelajaran yang saya ambil dari kejadian ini adalah...

- Buat kita, nyobekin kertas itu sesuatu yang gampang, mudah, bahkan nggak pake tenaga buat ngelakuinnya. Tapi untuk anak kecil umur 2 tahun, nyobekin kertas bisa jadi tugas yang sangat berat.

- Anak kecil umur 2 tahun ternyata emang harus sering- sering disuruh nyobekin kertas biar tangannya tidak kaku.

Pantesan aja, beberapa anak play group yang sering saya tanyain ngapain aja di sekolah, menjawab kalau pelajarannya nyobekin kertas, nyiram kembang, naruh piring di tempat cucian piring. Dan anak anak play group itu seneng banget disuruh nyuci piringnya sendiri. Lah, kalau pelajarannya cuma gitu, ngapain sekolah bayar mahal mahal?


Komentar

Yang banyak Dibaca

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Peyek Jengkol

Trip Sukabumi # Pantai Cibangban

Taman Buaya Indonesia Jaya

Aku juga bisa ngambek !