Sop Ayam Sederhana

Oktober 20, 2015


Semua orang pasti udah pada tau kan apa itu sop ayam? Sayur sop, semacam sayur berkuah yang di dalamnya ada macam-macam sayur. Ada wortel, kol, kembang kol, brokoli, daun bawang, daun seledri, kentang, buncis. Nggak semua harus ada sih...bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Sayur sop, kalau tanggal muda kadang dicampur tetelan sapi, kadang fillet ayam, bakso, sosis. Kalau tanggal tua isinya cuma wortel sama kol. Biar berasa ayam, tinggal ditambahin kaldu bubuk rasa ayam :D

Sayur sop ini selain mudah juga jadi andalan menu kalau lagi sakit. Hangat-hangat bisa bikin badan seger. Makanya nggak heran, kalau orang Wonogiri sana bilang sayur sop ini "jangan seger". Jangan artinya sayur. Sedangkan seger artinya ya seger buger hehe...alias sayur yang bikin badan kembali seger.

Berhubung di dalamnya banyak terdapat sayuran, jadi menu ini juga merupakan menu yang super sehat.




Bahan:

2 batang wortel
1 buah kembang kol (kalau ada)
1 batang daun bawang dan seledri
Garam secukupnya
Gula secukupnya


Bumbu dihaluskan:

3 butir bawang merah
4 siung bawang putih
10 butir merica
pala secukupnya


Bahan Kaldu:

1/2 ekor ayam
1 ruas jari jahe


Cara membuat:

  1. Buat kaldu dengan merebus ayam dan jahe ditambah 1 liter air sampai ayam empuk.
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan
  3. Masukkan bumbu yang dihaluskan ke dalam rebusan ayam
  4. Masak selama 5 menit
  5. Masukkan wortel dan daun bawang, seledri.
  6. Masukkan kembang kol, jangan lama-lama langsung angkat
  7. Sajikan

Berhubung sop ini emang sop sederhana, jadi bahan-bahannya pun juga sederhana banget. Nggak pakai ribet. Saya biasanya malah nggak pakai seledri, karena biasanya sop ini bakalan sering diangetin kalau mau makan. Kalau dikasih seledri trus sering diangetin rasanya jadi nggak enak. Itu pendapat saya lho ya...Tapi berhubung mau difoto, biar tambah cantik dikasih seledri dikit aja.

Bawang goreng juga nggak tak kasih, soalnya anakku kalau makan ada bawang gorengnya biasanya cuma dibuang. Daripada mubazir mending nggak usah pakai# bilang aja males ngiris bawang. Gampang banget kan????

Sop sederhana sudah siap....! Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

3 komentar

  1. wihhh sedep banget kayaknya kaldunyahhh

    BalasHapus
  2. Kalau lagi males, aku nggak pakai kaldu, trus ngelesnya aku bilang, "kita lagi diet". Jangan ditiru ya. :D

    BalasHapus

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Popular Posts

I'm Member Of

I'm Member Of

I'm Member Of

I'm Member Of