Postingan

Menampilkan postingan dari 2016

Kalimat Misteri

Sejak shabira sekolah, kosakatanya jadi tambah buanyak banget. Omongannya juga udah nggak kebendung lagi. Nggak bisa diem barang sebentar pun. Paling kalau diam, mingkem pas nonton tv, kalau nggak lagi tidur. Selebihnya ya, bunyi terus kayak radio.

Alhamdulillah, dari awalnya masih belum lancar ngomongnya, sekarang udah bisa diajak ngobrol.

Cuma masalahnya, dia sekarang masih sulit meniru kata-kata orang. Kayak kemaren, pulang sekolah dia pamer, katanya udah bisa baca hadist. Trus kutanya, "gimana bunyinya?"

Dia ngejawab kenceng-kenceng, " Laa dakdob...! Janganlah marah!"

Saya rada curiga, kok kayaknya belum pernah denger bahasa arab yang bunyinya kayak gitu ya? Apa saya nya yang salah denger?

Candi Jiwa, Candi di Tengah Persawahan

Gambar
Kalau kemaren saya nulis pantai Samudra Baru yang ada di Karawang, sekarang saya mau nulis tentang Candi Jiwa. Masih di karawang juga, meskipun beda jalur kalau mau menuju ke dua tepat tersebut.

Saya datang ke Candi Jiwa ini waktu mau puasa kemarin. Sehari menjelang puasa lebih tepatnya, sekitaran bulan juni. Kenapa baru ditulis sekarang? tau ndirilah...yang punya blog ini kan emang pemalas. hahaha




Pantai Samudra Baru Karawang, Sekedar Nyetatus ke Pantai

Gambar
Hari sabtu kemaren, bocah-bocah seharian gegulingan minta pergi. Bosen katanya di rumah terus. Tapi ayahnya lagi semangat beres-beres, jadinya diajak pergi pun menolak.

Sebagai gantinya, hari minggu dia janjikan jalan-jalan ke pantai. Saya sendiri nggak terlalu tertarik karena pantai yang mau dikunjungi cuma ada di karawang. Dekat banget, pasti nggak ada acara nginep-nginepnya:D

Malamnya, bocah-bocah nurut banget diajak tidur. Yang biasanya harus nunggu jam sebelas dulu untuk meluk bantal, jam sembilan disuruh masuk kamar langsung pada ngiler. Saya sendiri malah yang masih asik internetan sampai tengah malem.

Paginya, saat adzan subuh berkumandang, pengennya bangun trus bikin bekal pergi ke pantai. Eh, ternyata kepala pusing banget kayak abis begadang semingguan. Udah kepala pusing, hidung masih mampet, badan masih pegel-pegel. Jadi malas mau berangkat.

Kulkas

Gambar
Sudah dari sejak mau ngontrak sementara kemaren, saya berniat suci mau bersihin kulkas. Secara, lihat isi kulkas yang penuh sama plastik belanjaan, bikin saya bingung kalau nyari-nyari sayuran. Karena nggak kelihatan, kadang kala sayuran masih banyak eh, beli lagi. Jadinya banyak bahan sayur yang mubadzir terutama wortel.

Hampir tiap hari beli wortel, padahal di kulkas sebenerrnya masih ada banyak. Hanya karena nggak kelihatan jadi kayaknya nggak punya. Akhirnya beli, akhirnya yang lama jadi kering trus kebuang.

Hampir tiap pagi, suami ngingetin buat beres-beres kulkas. Ngingetinnya udah berbagai macam cara. Mulai dari yang nyindir-nyindir sampe ke to the point aja, tapi saya nya masih males juga buat bersihin kulkas.

Puncaknya( haluwah, pake puncak segala), waktu kemaren bira beli kue ulang tahun, dan ditaruh di kulkas ternyata kuenya jadi keras kayak es. Padahal nggak ditaruh di frezzernya.

Kemaren juga, beli kangkung, saya taruh aja di raknya yang masih kosong secara sembarang. Eh…

Persiapan Pindah saat Renovasi Rumah

Gambar
Sebulanan kemarin, saya sibuk ngurusin renovasi rumah. Nggak renovasi penuh sih, hanya beresin atap dapur yang sering bocor. Nanya ke tukang langganan, proses renovasinya sampai sebulan. Bisa kurang bisa lebih, karena melihat cuaca juga. Kalau tiap hari hujan ya susah kalau di suruh cepet-cepet.




Setelah deal dengan tukang, kamipun menentukan hari untuk mulainya. Awalnya mau mulai tgl 17 oktober, tapi ternyata malah maju jadi tanggal 7 karena tukangnya harus ngerjain job di tempat lain. Biar waktunya cukup, maka mulainya pun harus dipercepat. Jelas saya kalang kabut, barang-barang belum diatur mau ditaruh di mana.

Sebelum tukang datang, suami sudah ngasih tawaran untuk cari kontrakan. Karena saat renovasi berlangsung, rumah pasti penuh dengan bahan material dan alat pertukangan. Biar lebih aman, lebih baik ngontrak rumah aja.

Tapi waktu itu langsung saya tolak. Alasannya, karena saya susah banget adaptasi di tempat baru. Apalagi kalau rumahnya kosong, serem, trus kelihatan angker, say…

Tempe Semangit

Gambar
Tempe di atas adalah tempe yang saya beli 4 hari lalu dan masih saya simpan di kulkas.

Di kampungku, tempe yang udah basi kayak gitu masih laku dijual, bahkan banyak dari pedagang tempe yang sengaja menginapkan tempenya beberapa malam di rumah. Maksudnya gak dijual pas seger gitu. Dan harganya hampir sama kayak tempe segar. Malah kadang bisa lebih mahal dari tempe yang biasa di jual.

Tempe basi atau tempe yang sudah agak lama itu justru membuat masakan jadi makin sedap. Aromanya khas banget. Bisa ditumis sama kacang panjang, bisa dimasukin ke sayur lodeh, bisa disambel. Dioseng sama lombok ijo lebih mantap lagi. Dan sampai detik ini, saya belum pernah dengar ada yang keracunan makan tempe basi itu.

Dulu, waktu awal-awal tinggal di Bekasi saya coba cari tempe basi itu di tukang sayur, dan saya malah diletawain sama tukang sayurnya. Tempe basi kok dicari.

Sampai akhirnya, saya ketemu sama tukang sayur yang berasal dari Boyolali. Waktu saya bilang cari tempe basi ini, saya dikasih tau k…

Bola-bola Daging Super Cepat

Gambar
Tadi pagi, rencananya mau bikin opor ayam. Ingat ada dada ayam di kulkas yang masih sisa. Eh, waktu ke tukang sayur malah males banget ngebayangin bikin opor. Jadinya, pulang cuma bawa ikan tuna untuk besok dan wortel doang...

Tapi di tengah jalan, sempet galau. Takut kalau besok dada ayamnya nggak layak konsumsi lagi. Akhirnya, sampai rumah langsung deh, keluarin blender, ngecek tepung panir, ngecek telur, dan semua bahan ternyata ada.

Entah mau bikin apa, niatnya cuma mau ngeblender daging ayam, trus dibikin bola-bola campur telor. umayan bisa buat lauk bocah-bocah.

Bahannya cuma seadanya di rumah. Ih nggak niat banget ya...hihihi...

Bola-bola daging ala bunda shasha

Bahan-bahannya:


Daging dada ayamSepotong ikan tunatepung panir secukupnya2 sendok tepung terigumerica bubuk secukupnyagaram secukupnya1 sendok saos tiram1 butir telur kocok lepas
Cara membuatnya:
Blender ikan tuna dan daging ayamMasukkan daging dan ikan yang sudah diblender ke dalam wadah, kemudian beri garam, saos tiram, m…

Bikin orang-orangan dari Kertas Origami

Gambar
Sejak shabira sekolah, kegiatan saya bukannya selooow...tapi malah melow. Eh, nggak ding...maksudnya jadi tambah rempong(sama aja!).

Setiap pulang sekolah selalu diuber-uber buat belajar. Jadi pengennya, nyampai rumah, apa2 yng dipelajari di sekolah langsung dipraktekin di rumah.

Kayak hari ini, katanya dia di sekolah bikin orang-orangan dari origami. Nyampe rumah langung bongkar-bongkar origami kakaknya. Dia ambil satu kertas, di lipat panjang, setelah itu ujungnya diwarnain. Setelah diwarnain kemudian nyuruh saya gunting ujung yang diwarnain tadi. Begitu dia lakukan terus-menerus, sampai akhirnya kertas yang digulung panjang itu habis tinggal ujung bawahnya. Dianya ngambek, nangis-nangis.

Lha gimana nggak habis, wong setiap diwarnai langsung digunting. Katanya dia, bu guru ngasih contohnya gitu...abis diwarnain trus digunting. Entahlah...hanya dia dan gurunya yang tau.

Kesel karena gagal bikin orang-orangan kayak bu gurunya, akhirnya  dia minta saya yang ajarin bikin orang. Lha gima…

Membuat Pernak-pernik Dengan Kertas Kokoru

Gambar
Udah pernah dengar apa itu kertas kokoru?

Atau udah pernah lihat bentuknya kayak apa?

Saya baru kemaren tau dan liat bentuk kertas kokoru itu kayak apa. Saat si kakak menyodorkan benda ini, saya bingung. Kok bisa bikin boneka lucu-lucu kayak gitu, sih?




Kakak kemudian nunjukin bahan-bahannya, trus dikasih tau gimana caranya bikin, trus saya praktek bikin, trus nggak jadi....Iya...nggak jadi...beneran nggak jadi. Saking penasaran, sampai saya buka you tube. Nyari-nyari contoh gimana cara bikin step by step nya, tetep aja nggak jadi. Kelihatannya gampang ya...kelihatannya...tapi pas dicobain kok ya susah.

Cara bikinnya sebenernya cuma digulung-gulung gitu. Kata kakak, nariknya harus kenceng biar nggak lepas gulungannya. Tapi pas saya nariknya kenceng, kertasnya malah nggak kebentuk rapi, jadi kucel. hiks...

Ini kertas sebelum digulung-gulung.


Kertasnya kayak kardus yang diwarnai gitu ya....Tapi katanya pangeran abal-abal, ini bukan kardus yang diwarnai, tapi emang kertas khusus yang dic…

Inspirasi Itu Ada di...

Pengen punya ART

Kadang, pikiran seperti itu terlintas begitu saja. Kayaknya enak ya, punya ART. Rumah bersih, nggak mikir baju seragam putih belum dicuci dihari minggu, nggak mikir lantai dapur berminyak, nggak mikir setrikaan baju tiap pagi saat bocah mau berangkat. Semua kerjaan udah ada yang ngerjain. Kelar lar...

Sayapun bisa melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Ngisi blog, nulis, dan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang saya suka. Saya bisa bebas belajar apa saja, ikut pengajian sana, ikut kursus ini, bisa senam, bisa punya waktu untuk menulis sepuasnya. Pokoknya banyak banget maunya.

Tapi kemudian, pikiran seperti itu kulenyapkan begitu saja. Soalnya, dulu pernah punya pikiran seperti itu. Dan akhirnya sayapun ngebujukin pangeran abal-abal untuk pakai ART di rumah.

Setelah direstui, dapet ART, kerjaan saya cuma tidur, nongkrong, buka laptop tapi nggak nulis-nulis. Karena ide nggak kunjung datang juga. Padahal ya, pas belum punya ART dulu , ide seolah gentayangan di mana-m…

Bukan Emak DinoSayurus

Kemarin, waktu nganter shabira berangkat ke sekolah, saya ketemu langsung sama ibu guru wali kelasnya. Kemudian ditegur,

"Shabira akhir-akhir ini sering tidak masuk ya, bu?"

"Iya bu...kemarin nggak masuk karena radang tenggorokan"

"Emang shabira sering sakit ya...?"

Saya bingung mau jawab apa.

"Emangnya shabira nggak makan sayur di rumah?"

Saya diem lagi. Akhirnya kujawab singkat sambil teersenyum.

"Makan bu..."

Trus mplipir pulang.

Pertanyaan ibu gurunya itu sungguh sangat menusuk batin, jiwa, dan raga saya. Tiba-tiba saya jadi baper. Seolah-olah, kalau anak sakit itu yang salah emaknya. Emaknya nggak masakin sayur, emaknya nggak ngirisin buah, emaknya nggak beresin debu di jendela, emaknya jarang masak di rumah, emaknya sukanya ngeblog sampai lupa ngasih anaknya vitamin, emaknya keseringan fb kan sampai anaknya kedinginan ac nya lupa nggak di kecilin, emaknya seringnya masak pake minyak 10 kali pakai biar ngirit, emaknya ngobrol ter…

Pawai Pertama Untuk Shabira

Gambar
Bulan Agustus itu selalu identik dengan karnaval, pawai, lomba-lomba, dan nyanyi-nyanyi. Satu lagi, upacara. Untuk anak sekolah, bulan agustus itu bulan yang banyak jam kosongnya. Bukan jam kosong sih, sebenernya. Tapi jam pelajaran yang diganti dengan persiapan acara 17 agustusan alias hari kemerdekaan RI ,alias ulang tahunnya Indonesia#asik makan-makan.

Waktu masih jaman sekolah dulu, bulan agustus itu emang bulan kemerdekaan, jarang ada pelajaran. Tiap hari acaranya latihan paskibra sama marching band. Apaalagi yang mau ikutan lomba-lomba. Lomba gerak jalan, lomba baris berbaris, lomba atraksi pramuka. Saya selalu kebagian salah satu. Kalau nggak paskibra ya marching band. Nggak tau kenapa, padahal tinggi badan juga nggak tinggi-tinggi banget. Tapi tiap ada pemilihan anggota paskibra buat upacara di kecamatan pasti selalu kesangkut#kibasin peci hitam

Padahal...kalau udah kepilih jadi anggota paskibra, 2 minggu sebelum upacara udah disuruh latihan tiap hari. Saya males banget kalo …

Nostalgia Senja di Bendungan Jatiluhur

Gambar
Apa yang kamu pikirkan, kalau ingat kata "Jatiluhur"?

Kalau saya pasti akan jawab bendungan atau waduk.

Bendungan di mana?

Di Jawa Barat.

Apal banget... waktu sd, bendungan Jatiluhur itu terkenal di kalangan para guru dan murid meskipun saya tinggal di Jawa Tengah. Kalau buka RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap), bendungan Jatiluhur itu sudah pasti ada.

Saking terkenalnya, kalau disuruh nyebutin bendungan yang ada di Indonesia, Bendungan Jatiluhur pasti nggak ketinggalan:D

Konon katanya, Bendungan Jatiluhur itu paling besar dan megah di Indonesia. Tapi ternyata, setelah saya baca hasil googling, bendungan Jatiluhur masih kalah besar sama bendungan Sigura-gura Sumut dan bendungan Batutegi di Lampung. Meskipun tetap ada yang menyebut kalau bendungan Jatiluhur inilah yang terbesar di Indonesia.

Mana yang benar nggak usah diributkan, tergantung dari keyakinan dan kepercayaaan masing-masing aja.

Bendungan jatiluhur mulai dibangun sejak tahun 1957 waktu presidennya masih Ir …

Hari Pertama Anak Sekolah

Gambar
Ngomongin masalah hari pertama sekolah, semingguan ini pada brisik banget ya...hampir semua media sosial yang saya pake ada yang pasang foto anaknya pake seragam. Dan lagi lagi, ini menimbulkan kontroversi (halah). Ada yang ikutan senang ada yang jutek. Sampai ada yang muak dengan isi beranda masing-masing.

Eh, padahal sebenernya saya juga mau ngoongin masalah hari pertama sekolah. Tapi semoga saja nggak pada tambah mual ya...

Lha gimana lagi, bagi ibu-ibu yag doyan cerita kayak saya ini, moment hari pertama anak sekolah itu sayang sekali untuk dilewatkan. Biar nggak lupa, sukur-sukur bisa dibikin bundelan buat kado ultahnya yang ke-17 :D



Ditambah lagi, tahun ini kan kebetulan shabira baru mulai masuk play group. Jadi mulai lagi deh, ketemu gerombolan emak-emak baru. Meskipun ada beberapa wajah lama yang sudah lumayan akrab.

Hari pertama shabira sekolah,

Dia udah berani mainan sendiri. Sayangnya, waktu itu tiba-tiba ada anak yang bikin kehebohan. Ngrebut bola temennya sampai nangis, …

Marah Salah Sasaran

Gambar
Alkisah, di sebuah negri antah berantah, berjarak ratusan kilometer cahaya dari bumi, jauhlah pokoknya, ada seorang ibu datang ke rumah-rumah penghuni lain untuk narikin uang santunan anak yatim. Sesuai dengan perintah sang raja, satu persatu rumah ia ketuk. Sambil memasang wajah manis, si ibu mengatakan maksud kedatangannya.

Ketika penghuni rumah itu tau maksud kedatangan ibu tadi, beberapa penghuni rumah terkejut memasang wajah tidak suka, mrengut sambil ngedumel,

"Bayar lagi...bayar lagi..."

Si ibu hanya tersenyum. Tidak bisa berbicara banyak, karena bagaimanapun itu perintah sang raja. Dia hanya menjalankan tugas.

Kisah di negri antah berantah itu kita stop sampai di sini, lanjut ke kisah yang kedua:D

Kisah yang kedua,

Kalau ini kejadiannya ada di indonesia raya, sebuah negara di bumi yang dipimpin oleh seorang presiden, berbahasa resmi bahasa indonesia dan berbendera merah putih warnanya:p

Seorang bapak-bapak marah sama tukang kasir gara-gara disuruh bayar kantong plas…

Agar Ikan Tidak Lengket Saat Digoreng

Gambar
Udah pernah ngerasain, gimana rasanya goreng ikan trus ikannya nempel terus di wajan nggak mau disuruh balik?

Saya seriiiiing...sering banget malah. Pengennya goreng ikan kayak yang di iklan-iklan minyak goreng, kriuk, bentuknya melengkung. Apa daya, pas goreng ikan, ikannya malah ancur. Yang tersisa tinggal duri sama tulang-tulang kepalanya doang. Kezzel...

Boro-boro bentuknya kaya kipas melengkung-melengkung, dagingnya aja entah di mana. Rasanya gimana gitu, antara kesel, capek, trus lapar...

Ibu-ibu yang nggak mahir memasak kayak saya, pasti juga pernah mengalami hal yang serupa. Ya kan? ya kan? iyain aja deh, biar berasa ada temennya hehehe...

9 tahun menikah, saya tetep nggak ngerti juga gimana caranya supaya ikan itu nggak lengket saat digoreng. Mulai dari ganti racikan bumbu, nanya kesana kemari, sampai beli bumbu jadi. Bukannya garing kriuk-kriuk malah makin nempel di peggorengannya. Kesian ya?

Sampai akhirnya, beberapa waktu yang lalu ceritanya ada saudara datang ke rumah. P…

Air Mancur Sri Baduga Purwakarta

Gambar
Masih melanjutkan acara jalan-jalan tanggal 26 maret kemaren. Udah lama banget ya bo'...tapi daripada nggak ditulis, kan sayang udah jalan-jalan nggak ada jejaknya. Jadilah nekat nulis cerita ini.

Nggak tau kenapa, tiba-tiba hari itu kami pengen pergi jalan-jalan. Setelah nonton kungfu panda 3 langsung pengen lanjut ke purwakarta nonton air mancur. Ngebet pengen nonton, selain karena penasaran dengan air mancur yang bisa menari itu, juga karena tempatnya gratisan. Alias nggak bayar#tetep perhitungan

Dari bekasi udah maghrib, dan sampai di purwakarta udah jam 7 an. Kondisi perjalanan lancar, justru di purwakarta lah kami kejebak macet. Macetnya super dede banget. Motor-motor pada menuhin jalanan. Pak polisi pun sampai nggak bisa berbuat apa-apa.

Berhubung kami ke Purwakarta baru sekali ini, jadinya kami belum tau juga dimana lokasinya. Pasrah aja deh... sama Mr. waze diarahkan ke kantor bupati. Nah, ternyata lokasinya cuma di depan kantor bupati itu. Parkirnya malah enakan di situ…

Belajar Sepatu Roda

Gambar
Akhir-akhir ini, sepatu roda jadi terkenal banget di lingkungan kami. Ada yang nyewain, ada pula yang udah beli sendiri. Kebanyakan malah udah banyak yang punya sendiri.

Shasha tidak ketinggalan juga pengen ikutan main sepatu roda. Awalnya, hanya dateng ke tempat penyewaan. Main 20 menit trus pulang gantian dengan yang lain. Tapi dianya nggak puas. Sampai akhirnya minta dibeliin sendiri. Dales-dialesin dulu sampai akhirnya kami membelikannya juga.

Seperti biasa, kami belinya lewat online karena males nyari muter-muter. Beli online selain harganya lebih murah juga bisa irit bensin dan jajan. Hehe...Apalagi sepatu roda, tinggal sesuaikan dengan ukuran sepatu biasa.

Nyari nyari di Bukalapak.com dan akhirnya nemu sepatu roda yang ditaksir kakak. Beli, transfer, sekitar tiga hari barang udah sampai rumah. Senengnya...

Tapi, ada yang nggak seneng di episode ini. Ada yang manyun sambil marah-marah. Trus kalau di deketin bilang begini,

"Sana...kakak jangan deket-deket aku. Aku kan nggak…

Kungfu Panda 3

Gambar
Ngomongin film kungfu panda, sebenernya saya rada-rada nggak ngerti gimana ceritanya. Nggak tau kenapa, kurang minat aja gitu. Eh, malah tau-tau udah muncul yang ke 3. Yang pertama sama kedua aja belum nonton.

Kungfu panda yang ke-3 ini, bocah-bocah udah pesen dari sebelum diputar kalau mereka mau nonton yang 3D. Berhubung liburan kemaren gagal pulang, trus di rumah juga bosen, jadinya tgl 26 kemarin kami pergi ke bioskop. Telaaaat banget ya...

Sebelum berangkat kami udah browsing-browsing dulu. Dapet info, katanya yang 3D cuma ada di Bekasi mega mall. Kemudian meluncurlah kami ke sana. Sampai di sana...biyuuuuh...antrinya bok, mengular naga panjangnya. Orang-orang pada berkerumun kaya pasar kaget. Usut punya usut ternyata mereka pada mau nonton superman. Liat antrian yang seperti itu, akhirnya kami balik badan dadah dadah. Lagian juga dilihat-lihat kungfu pandanya ternyata bukan yang 3D.

Perjuangan pengen nonton kungfu panda nggak sampai di situ aja. Dari Bekasi mega mall, kami lang…