Sehat di Musim Penghujan


Musim hujan telah tiba. Sudah semingguan ini, Bekasi dihujani bertubi-tubi. Hampir tiap hari hujan. Hujannya deres banget dan bertahan lama. Kalau udah begitu, biasanya jalanan jadi anakan sungai, nggak bisa disebut jalan lagi:D





Bekasi oh, Bekasi...

Musim hujan pasti ngenes. Tapi bagaimanapun, saya tetap bersyukur. Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya hujanpun turun. Hawanya jadi adem, mendung dan nggak perlu berkali-kali ganti baju. Yang lebih menyenangkan lagi, kalau malas mandi ada alasannya. hahaha...

Baru semingguan hujan, anak-anak udah banyak yang sakit. Nggak cuma anakku, anak tetanggapun banyak yang sakit. Mulai dari batuk, pilek, sampai demam tinggi. Di berita-berita Tv malah udah banyak yang terjangkit DBD. Duh ngeri...semoga kita semua selalu diberi kesehatan, ya.

Sebagai ibu, saya bertanggung jawab penuh pada kesehatan warga serumah. Saya harus berpikir, gimana caranya membuat mereka tetap fit dan nggak gampang sakit.

Nah, di bawah ini adalah tips tetap fit di musim penghujan ala ala saya. Sudah  sering tak praktekkan dan hasilnya lumayan. Meskipun nggak sakit sama sekali, tapi setidaknya kalaupun sakit nggak terlalu parah. Anak-anak masih bisa bermain dengan ceria.


Tips sehat di Musim Penghujan  

 1.  Makan sayuran berkuah

      Kalau musim penghujan datang, biasanya saya sering banget masak sayur sop. Entah itu sop daging, sop ayam, sop ikan, atau sop yang nggak ada isinya. Alias sop sayuran aja. Bisa sebagai penghangat badan. Kalau suami pulang malam, habis kehujanan trus makan sop badannya jadi ngak meriang.

2.  Kurangi makan gorengan.

    Anggota keluargaku itu sensitif sekali. Makan gorengan yang digoreng pakai minyak nggak bagus biasanya langsung batuk. Jadi untuk gorengan saya batasi, apalagi di saat cuaca nggak bagus seperti ini.

3.  Minum rebusan jahe.

     Ini hampir setiap hari saya bikin. Selain bisa menghangatkan badan, juga bisa mencegah dan mengobati batuk. Tapi pakai gula aren ya, kalau pakai gula putih nanti malah tambah batuk.


4.  Banyak minum air putih.

    Hujan-hujan biasanya malas minum air putih. Tapi saya tetap menganjurkan anak-anak untuk tetap minum air putih sebanyak-banyaknya. Caranya, dikasih air putih hangat. Shabir kadang minta sendiri minum air putih hangat kalau cuacanya dingin.


5.  Batasi aktifitas ke luar rumah.

     Jika tidak penting banget, usahakan di rumah saja sampai cuaca nggak se ekstrim kayak sekarang ini. Lagi pula sekarang ini musimnya banjir. Takutnya, kejebak di jalan nggak bisa pulang malah repot. Karena ada pengalaman seorang teman, yang nggak bisa pulang ke rumah selama sehari semalam di jalanan. Nggak bisa berbuat apa-apa, lha wong jalan ke mana-mana nggak bisa dilewatin.

6.  Rumah harus bersih

     Kalau kondisi cuaca lembab, sinar matahari nggak bersinar terang, katanya kuman penyakit akan mudah hidup. Apalagi kalau tempatnya kotor, mudah juga si kuman berkembang biak. Jadi, saya usahakan rumah selalu bersih. Ini juga karena saya trauma sama penyakit diare:D

7.  Kurangi pemakaian ac

     Di rumah biasanya, ac selalu di stel tiap tidur. Entah tidur siang atau malam selalu pakai ac. Sekarang, di musim penghujan ini ac dinyalakan malam saja. Itupun nggak dingin banget, cuma sumer-sumer.

8.  Pakaikan anak pakaian berlengan.

     Kalau udah di rumah, bocah-bocah biasanya seneng banget pakai baju  lengan buntung. Untuk musim penghujan ini saya larang anak-anak untuk pakai baju buntung.

9.  Doa dan sedekah harus dikencengin.

     Apalah artinya sebuah usaha kalau tidak dibarengi dengan doa. Jadi, jangan lupa berdoa semoga sehat terus. Sedekah, Insya Allah akan jadi penolak bala penyakit. Kira-kira seperti itu.

Duh, nggak terasa udah banyak banget tips nya...Semoga bermanfaat dan kita semua diberi kesehatan, ya...Amiin

Komentar

  1. iya mak, aku jg kalau musim hujan si kecil ken aku pakek in baju berlengan, adem soalnya
    makaish tipsnya ya mak

    BalasHapus
  2. AC dirumahku tetep karena anak2 maunya gitu. Yang bikin takut itu hujan angin, biasanya aku minggir dulu. Jadi pengin jahe.

    BalasHapus

Posting Komentar

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Yang banyak Dibaca

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Peyek Jengkol

Trip Sukabumi # Pantai Cibangban

Taman Buaya Indonesia Jaya

Aku juga bisa ngambek !