Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2016

Membuat Pernak-pernik Dengan Kertas Kokoru

Gambar
Udah pernah dengar apa itu kertas kokoru?

Atau udah pernah lihat bentuknya kayak apa?

Saya baru kemaren tau dan liat bentuk kertas kokoru itu kayak apa. Saat si kakak menyodorkan benda ini, saya bingung. Kok bisa bikin boneka lucu-lucu kayak gitu, sih?




Kakak kemudian nunjukin bahan-bahannya, trus dikasih tau gimana caranya bikin, trus saya praktek bikin, trus nggak jadi....Iya...nggak jadi...beneran nggak jadi. Saking penasaran, sampai saya buka you tube. Nyari-nyari contoh gimana cara bikin step by step nya, tetep aja nggak jadi. Kelihatannya gampang ya...kelihatannya...tapi pas dicobain kok ya susah.

Cara bikinnya sebenernya cuma digulung-gulung gitu. Kata kakak, nariknya harus kenceng biar nggak lepas gulungannya. Tapi pas saya nariknya kenceng, kertasnya malah nggak kebentuk rapi, jadi kucel. hiks...

Ini kertas sebelum digulung-gulung.


Kertasnya kayak kardus yang diwarnai gitu ya....Tapi katanya pangeran abal-abal, ini bukan kardus yang diwarnai, tapi emang kertas khusus yang dic…

Inspirasi Itu Ada di...

Pengen punya ART

Kadang, pikiran seperti itu terlintas begitu saja. Kayaknya enak ya, punya ART. Rumah bersih, nggak mikir baju seragam putih belum dicuci dihari minggu, nggak mikir lantai dapur berminyak, nggak mikir setrikaan baju tiap pagi saat bocah mau berangkat. Semua kerjaan udah ada yang ngerjain. Kelar lar...

Sayapun bisa melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Ngisi blog, nulis, dan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang saya suka. Saya bisa bebas belajar apa saja, ikut pengajian sana, ikut kursus ini, bisa senam, bisa punya waktu untuk menulis sepuasnya. Pokoknya banyak banget maunya.

Tapi kemudian, pikiran seperti itu kulenyapkan begitu saja. Soalnya, dulu pernah punya pikiran seperti itu. Dan akhirnya sayapun ngebujukin pangeran abal-abal untuk pakai ART di rumah.

Setelah direstui, dapet ART, kerjaan saya cuma tidur, nongkrong, buka laptop tapi nggak nulis-nulis. Karena ide nggak kunjung datang juga. Padahal ya, pas belum punya ART dulu , ide seolah gentayangan di mana-m…

Bukan Emak DinoSayurus

Kemarin, waktu nganter shabira berangkat ke sekolah, saya ketemu langsung sama ibu guru wali kelasnya. Kemudian ditegur,

"Shabira akhir-akhir ini sering tidak masuk ya, bu?"

"Iya bu...kemarin nggak masuk karena radang tenggorokan"

"Emang shabira sering sakit ya...?"

Saya bingung mau jawab apa.

"Emangnya shabira nggak makan sayur di rumah?"

Saya diem lagi. Akhirnya kujawab singkat sambil teersenyum.

"Makan bu..."

Trus mplipir pulang.

Pertanyaan ibu gurunya itu sungguh sangat menusuk batin, jiwa, dan raga saya. Tiba-tiba saya jadi baper. Seolah-olah, kalau anak sakit itu yang salah emaknya. Emaknya nggak masakin sayur, emaknya nggak ngirisin buah, emaknya nggak beresin debu di jendela, emaknya jarang masak di rumah, emaknya sukanya ngeblog sampai lupa ngasih anaknya vitamin, emaknya keseringan fb kan sampai anaknya kedinginan ac nya lupa nggak di kecilin, emaknya seringnya masak pake minyak 10 kali pakai biar ngirit, emaknya ngobrol ter…

Pawai Pertama Untuk Shabira

Gambar
Bulan Agustus itu selalu identik dengan karnaval, pawai, lomba-lomba, dan nyanyi-nyanyi. Satu lagi, upacara. Untuk anak sekolah, bulan agustus itu bulan yang banyak jam kosongnya. Bukan jam kosong sih, sebenernya. Tapi jam pelajaran yang diganti dengan persiapan acara 17 agustusan alias hari kemerdekaan RI ,alias ulang tahunnya Indonesia#asik makan-makan.

Waktu masih jaman sekolah dulu, bulan agustus itu emang bulan kemerdekaan, jarang ada pelajaran. Tiap hari acaranya latihan paskibra sama marching band. Apaalagi yang mau ikutan lomba-lomba. Lomba gerak jalan, lomba baris berbaris, lomba atraksi pramuka. Saya selalu kebagian salah satu. Kalau nggak paskibra ya marching band. Nggak tau kenapa, padahal tinggi badan juga nggak tinggi-tinggi banget. Tapi tiap ada pemilihan anggota paskibra buat upacara di kecamatan pasti selalu kesangkut#kibasin peci hitam

Padahal...kalau udah kepilih jadi anggota paskibra, 2 minggu sebelum upacara udah disuruh latihan tiap hari. Saya males banget kalo …

Nostalgia Senja di Bendungan Jatiluhur

Gambar
Apa yang kamu pikirkan, kalau ingat kata "Jatiluhur"?

Kalau saya pasti akan jawab bendungan atau waduk.

Bendungan di mana?

Di Jawa Barat.

Apal banget... waktu sd, bendungan Jatiluhur itu terkenal di kalangan para guru dan murid meskipun saya tinggal di Jawa Tengah. Kalau buka RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap), bendungan Jatiluhur itu sudah pasti ada.

Saking terkenalnya, kalau disuruh nyebutin bendungan yang ada di Indonesia, Bendungan Jatiluhur pasti nggak ketinggalan:D

Konon katanya, Bendungan Jatiluhur itu paling besar dan megah di Indonesia. Tapi ternyata, setelah saya baca hasil googling, bendungan Jatiluhur masih kalah besar sama bendungan Sigura-gura Sumut dan bendungan Batutegi di Lampung. Meskipun tetap ada yang menyebut kalau bendungan Jatiluhur inilah yang terbesar di Indonesia.

Mana yang benar nggak usah diributkan, tergantung dari keyakinan dan kepercayaaan masing-masing aja.

Bendungan jatiluhur mulai dibangun sejak tahun 1957 waktu presidennya masih Ir …