[ Kegiatan Anak ] Bikin Cap Yuuuk...!

April 19, 2017


Prinsip saya kalau lagi main bareng anak-anak itu yang penting murah, bisa bermain, bahagia, bisa belajar, dan satu lagii....nggak bikin rumah berantakan Hahahaha...

Tapi berhubung saya lagi penasaran banget bikin gambar dengan nge cap, jadinya prinsip yang saya pegang selama ini runtuh juga. Akhirnya, saya keluarin semua cat air yang selama ini saya timang-timang sayang tiap mau dipakai. Padahal, harganya cuma 25rb, gimana kalau harganya ratusan ribu yak? Emang pelit sama perhitungan itu bedanya setipis kulit bawang#hiks

Membuat Gambar Dengan Cap

Ide menggambar dengan teknik cap ini saya baca di buku "Rumah Main Anak 2". Di situ sebenernya, nge cap nya pakai tutup botol trus di tempel sama styrifoam (bener gak ya tulisannya?) trus dikasih cat air. Styriofoam nya dibentuk macam-macam benda. Benar-benar mirip kayak cap buat kantor.

Nah, berhubung saya nggak mau ribet, jadi bentuk benda yang saya bikin nggak banyak. Pokoknya, asal bisa buat bikin rumah dan lingkungannya udah cukup.

Bahan:

Cat air
Styriofoam
kuas
kertas gambar
cutter
gunting

Langkah Bermain:

  1. Buatlah bentuk benda yang diinginkan dengan styriofoam, lagu potong dengan cutter
  2. Olesi benda itu dengan cat air
  3. Tempel dan tekan di atas kertas
  4. Biarkan anak berkreasi sesukanya, terserah dia mau gambar apa:D

Hasilnya seperti ini:

Olesi Styriofoam dengan cat air lalu tempel di kertas


Nekannya sampai pake kaki:D


Hasil akhirnya


Ini gambarnya murni pakai cap ya, nggak pakai kuas. Styriofoam nya saya bentuk bunga, panjang, segitiga, persegi, daun, bulat-bulat. Trus kalau cat air nggak ada, bisa kok diganti pakai pewarna makanan. Cuma kalau pewarna makanan, warnanya jadi kurang bagus. Karena biasanya kan encer gitu kalau ditambah air. Jadi warnanya pecah-pecah. Emang lebih bagus pakai cat air.

Hasilnya lumayan lah...buat anak anteng bentar tanpa gadget:). Bisa bermain juga. Lebih baik ketika bermain seperti ini didampingi. Selain bisa ngobrol, kita juga bisa tau, karakter anak kita itu sepeerti apa. Yang nggak sabaran pasti keliatan:)  
Selamat mencoba...

You Might Also Like

0 komentar

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Popular Posts

I'm Member Of

I'm Member Of

I'm Member Of

I'm Member Of