Apa Itu Blogwalking?

Oktober 15, 2018


Foto: www.Auliatravelmedan.com

Bagi blogger yang sudah lama terjun di dunia blog, blogwalking tentu bukanlah hal yang asing lagi. Tapi bagi para blogger pemula, blogwalking adalah sesuatu hal yang baru. Sampai-sampai, kadang pada bingung. Bogwalking itu ngapain aja sih?

Blogwalking bagi sebagian para blogging sering disebut dengan istilah BW. Adalah salah satu aktivitas seorang blogger berkunjung ke blog lain dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai ajang perkenalan untuk blognya.

Jadi blogwalking itu baca postingan di blog orang lain trus komentar gitulah, intinya. Kenapa harus komentar?

Ya biar pemilik blog yang kita kunjungi tau, siapa saja para pengunjung blognya. Blog siapa saja yang sudah beerduyun-duyun datang ke "rumah"nya.

Emang kalau nggak komentar kenapa?

Kalau kita nggak komentar, tentu pemilik blog nggak akan tau kalau kita sudah berkunjung ke blognya. Karena biasanya, kalau kita komentar, link URL blog atau google plus kita secara otomatis akan ada di kolom komentar. Dan biasanya, para blogger yang baik hati dan tidak sombong akan melakukan kunjungan balik pada blog-blog yang sudah meninggalkan komentar di postingannya. Jadi jatuhnya nanti, bisa saling kunjung mengunjungi. Kalau sering berkunjung, biasanya trus semakin kenal, kenal dan kadang malah bisa sampai akrab banget.

Nah, di situlah tujuan silaturahmi tercapai.

Selain sebagai ajang silaturahmi, saya sendiri melakukan blogwalking dengan tujuan untuk mencari inspirasi. Iya, mencari inspirasi tulisan. Kadang dengan membaca blog orang lain, saya jadi kepengen nulis tema tertentu yang mungkin saya kuasai. Jadi pengen membahas hal-hal yang diulas blogger teman versi diri kita sendiri. Ini sangat membantu sekali lho, kalau lagi mentok anggak ada ide buat nulis.

Jadi keuntungannya dobel kan ya?

Selain sebagai ajang silaturahmi dan mencari ide tulisan, blogwalking juga dijadikan alat untuk menaikkan trafik agar page view blog semakin meningkat, dan makin banyak yang kenal blog kita juga. Semakin tinggi page view, semakin gampang juga muncul di mesin pencari google.

Kadang kalau saya lagi nyari sesuatu di google, pas search trus yang keluar blog kita sendiri itu rasanya sesuatu banget.

Namanya blogger pemula, seneng banget kan, kalau ada yang baca tulisannya. Malah kadang, tiap beberapa menit sekali diliatin page viewnya. Yang baca udah nambah belum ya? kalau yang kayak gitu sih, saya. hahaha

Jadi bisa dikatakan, blogwalking itu penting sekali untuk para blogger pemula. Jadi setiap selesai baca postingan  sebaiknya tinggalkan jejak di kolom komentar. 

Dalam hal berkomentar pun, sebaiknya kita juga harus dengan komentar yang sopan dan sesuai dengan isi postingan. Jangan sekedar, "mantap gan", "kereen", dsb. Karena komentar yang unik, bisa juga menarik para komentar lain untuk datang berkunjung ke blog kita.

Sedangkan komentar-komentar buruk, melecehkan, menghina, mengadu domba, kadang justru dihapus oleh pemilik blog yang kita kunjungi, atau malah ditandai sebagai spam dan nggak diterbitkan jika komentarnya dimoderasi. ujung-ujungnya kita sendiri yang rugi, kan?

Jadi, berkomentarlah yang sopan di blog orang lain. Juga jangan minta dikunjungi balik, ya. Karena kesannya, kayak kita nggak ikhlas gitu, udah komentar. hehe

Gimana? Sekarang udah ngerti kan, blogwalking itu apa? mau nyoba blogwalking sebanyak-banyaknya?

Di Estrilook Comunity lagi ada blogwalking chalenge lho...mulainya hari ini. Yang mau ikutan, segera daftar ya...pesertanya dibatesin soalnya:D









You Might Also Like

17 komentar

  1. Ya blogwalking itu walking-walking ke.blog temen..tapi kadang ada teman yg ngepost link trus bilang.drop link.kalian nanti aku bw balik lalu tinggal janji ya sudah.kita maafkan saja hahaha

    BalasHapus
  2. Senang dan pasti banyak manfaatnya Blogwalking tuh..
    pastinya dapat membaca berbagai macam informasi dan hiburan plus dapat teman baru

    BalasHapus
  3. Sip, BW bisa nambah silaturahmi juga, ya.

    BalasHapus
  4. banyak manfaat dari BW ya mbak...

    BalasHapus
  5. dulu waktu awal2 blogging saya cuma buka blog orang aja. udah dibuka, dibaca, tapi gak komen. Ya gimana orangnya tahu kalau saya kunjungi. Abis ikut kelas blog jadi ngeh kalo blogwalking itu ya yang mbak jelaskan ini. hehehe...

    BalasHapus
  6. Setiap blogwalking aku usahakan selalu komentar mba. Karena kadang ngerasa kurang, habis baca tapi tidak mengapresiasi dengan sebuah komentar. Insyallah komentarnya juga yang baik-baik. :D

    BalasHapus
  7. BW buatku kalaundo dunia nyata itu ibarar ngobrol sama tetangga dg tujuan kebaikan
    Xixixi

    BalasHapus
  8. BW, oh...BW. (B) erkunjung (W) alau sesaat [jadi makin dekat]

    BalasHapus
  9. Saya baru belajar blog walking. Seru juga sih banyak dapet ilmu. Baru tau juga kalo tampilan kolom komentarnya beda-beda.Tulisan Mbak Sulis pas banget dengan tema hari ini.

    BalasHapus
  10. BW udah kayak komen di FB ya. Gampang hehehe

    BalasHapus
  11. Betul banget, bw memang bermanfaat... Terutama bagi yang newbie banyak pelajaran dari membaca blog lain

    BalasHapus
  12. yess, blogwalking adalah sarana silahturahmi dan juga belajar dari penulis-penulis lain

    BalasHapus
  13. Baru pertama kali ikut BW, seneng banget baca tulisan teman" yang bagus" plus blognya cantik" semua, jadi semangat nyalon kan blogku biar tambah cantik dan semangat buat terus nulis

    BalasHapus
  14. akuh sudah banyak walking-walking di blog orang mbaa, di sini juga. yang pasti manfaat banget, wawasan jadi luas karna banyak informasi.

    BalasHapus
  15. BW ini semacam silaturahim ya mbak. Sebagai blogger pemula BW ini sangat bermanfaat buat saya.

    BalasHapus
  16. Memang BW selain silahturahmi juga jadi ide dari tulisan dari blog lain ya, Mba.

    BalasHapus

terima kasih sudah komentar di blog ini. komentar insya Allah akan saya balas. Atau kunjungan balik ke blognya masing masing :)

Popular Posts

I'm Member Of

I'm Member Of

I'm Member Of

I'm Member Of