Langsung ke konten utama

Tentang Doa-Doa yang Salah




Dulu, saya bukan termasuk orang yang suka berdoa. Tidak pernah meminta sesuatu secara khusus memohon kepada Allah SWT. Sampai suatu ketika, saya dengar ceramah dari seorang ustadz, bahwa manusia itu diwajibkan meminta kepada Allah dengan doa-doa. Sebutlah apa kemauanmu dan Allah akan memperhitungkan dikabulkan atau nggak permohonanmu.

 “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.(QS Yusuf: 86)

Suatu hari, saya merasa tubuh ini udah terlalu gendut. Sampai kepikiran ingin diet biar kembali langsing seperti semula. Seperti biasa, hal-hal kecil kadang saya adukan pada Allah. Kayak masalah gendut yang saya alami itu, misalnya. Doa saya begini,

"Ya Allah aku pengen kembali langsing..."

Dua hari berikutnya, saya sariawan. Mulut dipakai buat makan perihnya minta ampun. Sampai semingguan baru sembuh, itupun masih sakit banget kalau buat ngunyah makanan yang tajam kayak keripik. Jadinya, cemilan nggak banyak yang masuk ke mulut.

Seminggu terserang sariawan dan susah makan, saya timbang berat badan. Dan ternyata...BB saya turun sekilo. Alhamdulillah. Tapi saya nggak terlalu puas, masak mau langsing harus pakai sariawan dulu. Kayaknya saya salah doa, begitu pikirku.

Waktu berikutnya, saya kembali berdoa.

"Ya Allah...aku pengen langsing. Tapi jangan dikasih sariawan ya, sakit"

Beberapa hari berikutnya, saya malah diare. Orang serumah diare. Dan...jangan tanya Bb saya turun berapa. Selama seminggu diare plus ngurus orang serumah yang diare, BB saya turun 3 kilo saja. Alhamdulillah...Allah mengabulkan doa saya. Meskipun nggak langsing seperti semula, tapi lumayanlah BB bisa turun.

Tapi...masak iya sih, harus dengan cara-cara seperti itu untuk kembali langsing. Saya merenung agak lama, kayaknya saya salah doa lagi.

Waktu berikutnya, saya pengen banget punya rekening bank atas nama sendiri. Kemudian, saya pun berdoa lagi.

"Ya Allah, saya pengen punya rekening sendiri. Biar biodata tulisan yang saya kirim ke media, rek nya nggak perlu nebeng ke suami lagi."

Dan lagi lagi, Allah maha baik. Allah mengabulkan doa saya kembali. Setelah dapat rejeki dan kesempatan, saya pun akhirnya bisa bikin rekening atas nama sendiri. Seneng? Alhamdulillah. Iya, Allah mengabulkan doa saya untuk bikin rekening sendiri, tapi masak isinya cuma 200 rebu. Lagi lagi saya ngerasa salah doa. Harusnya, saya minta rek pribadi plus uang yang banyak #maruk.

Pernah suatu ketika, pengen berhenti berdoa untuk hal-hal kecil dan remeh kayak diatas itu. Tapi terkadang, rasanya belum puas kalau belum berdoa. Katanya, doa dan usaha itu akan berperang dengan takdir. Apa yang akan dipilihkan Allah, disitulah nanti yang akan menemui kita. 

Sampai sekarang, saya masih tetap berdoa dari hal kecil sampai hal besar. Tapi setiap berdoa, di belakangya selalu tak kasih penutup, "ya Allah...kabulkan doa hamba, dengan cara yang menurut Engkau terbaik untuk hamba"

Kadang langsung dikabulkan sekali berdoa, tapi kadang udah dibela-belain sholat tahajud, sholat hajat, berdoa siang dan malam tapi nggak dikabul kabulkan. Itu berarti Allah telah memilihkan skenario terbaik untuk saya. Dan saya nggak ngerasa salah doa lagi.

Allah tahu semua tentang makhluknya, termasuk isi hati seseorang, keinginan seseorang dan kewajiban manusia adalah meminta. Memohon apa-apa yang dibutuhkannya dan allah berhak menolak atau mengabulkan doa tersebut.


Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.” [QS Al Baqarah: 186]


Jadi, hari ini kamu udah berdoa minta apa?   





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Waktu pertama kali dengar nama kampung turis, bayangan yang terlintas di benak adalah sebuah kampung yang banyak turisnya. Atau...sebuah tempat yang isinya menjual aneka jajanan berbau asing. Kayak di kampung cina, yang isinya macam-macam barang yang berbau kecinaan. Tapi ternyata saya salah. Kampung turis ternyata sebuah resto(tempat makan), tempat ngumpul bareng, tempat renang, tempat main anak, sekaligus tempat nginep. Bahasa gaulnya, Resort and Waterpark. Kampung Turis berlokasi di Kp. Parakan, desa Mekar Buana, kecamatan Tegal Waru-Loji, kab Karawang, Jawa barat. Jadi ceritanya, minggu pagi itu rencananya kami sekeluarga mau ke curug Cigentis. Di daerah Loji juga. Tapi berhubung pagi itu, saat mau berangkat mobil ngambek jadilah kami nunggu mobil pulang dari bengkel. Pulang dari bengkel sudah jam 11 siang. Kalau nggak jadi berangkat rasanya galau banget, kalau berangkat sepertinya tidak memungkinkan karena perjalanan dari rumah ke Loji saja sudah 2 jam. Kalau mau nekat ke curu

Tips Agar Kursus Online Bisa Efektif Ala Bunda Sha

Foto: www.pexel.com Akhir-akhirini, di media sosial banyak sekali kursus online. Kursus memasak, kursus menulis, kursus buat ini itu. Banyak sekali. Kursus-kursus itu juga dibanderol dengan harga yang cukup menggiurkan. Terjangkau banget untuk emak-emak seperti saya yang males keluar ikut kursus di luaran sana. Salah satu hal yang paling saya sukai ikut kursus online itu, nggak harus pergi-pergi, nggak harus macet-macetan, nggak harus ngatur gimana waktunya antara anak dan keluarga. Cukup duduk di rumah saja dapet ilmunya. Meskipun begitu, saya tetep harus memperhitungkan banyak hal dong ya, biar kursusnya tetep jadi ilmu yang bermanfaat nggak asal nyomot kursus. Dua bulanan ini, saya lagi ngebut ikut kursus. Selain karena butuh, juga karena harganya yang lagi murah meriah. Nah, sebelum memutuskan ikut kursus, biasanya saya mempertimbangkan dulu hal-hal di bawah ini: Kursus online yang sesuai passion Namanya juga emak-emak haus ilmu, kadang denger ada obralan kursus ya

Apa Itu Blogwalking?

Foto: www.Auliatravelmedan.com Bagi blogger yang sudah lama terjun di dunia blog, blogwalking tentu bukanlah hal yang asing lagi. Tapi bagi para blogger pemula, blogwalking adalah sesuatu hal yang baru. Sampai-sampai, kadang pada bingung. Bogwalking itu ngapain aja sih? Blogwalking bagi sebagian para blogging sering disebut dengan istilah BW. Adalah salah satu aktivitas seorang blogger berkunjung ke blog lain dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai ajang perkenalan untuk blognya. Jadi blogwalking itu baca postingan di blog orang lain trus komentar gitulah, intinya. Kenapa harus komentar? Ya biar pemilik blog yang kita kunjungi tau, siapa saja para pengunjung blognya. Blog siapa saja yang sudah beerduyun-duyun datang ke "rumah"nya. Emang kalau nggak komentar kenapa? Kalau kita nggak komentar, tentu pemilik blog nggak akan tau kalau kita sudah berkunjung ke blognya. Karena biasanya, kalau kita komentar, link URL blog atau google p