Langsung ke konten utama

Menggandeng IDwebhost untuk Ganti Domain Baru


Sebenernya, sudah sejak lama pengen ganti domain baru. Kalau gak salah sejak oktober lalu, pengen banget alamat blog nya langsung dot com. Sampai-sampai, saya berujar. Kalau bulan itu saya dapet arisan, itu tandanya saya harus ganti domain.


Eh, ndilalah...kok ya kebeneran dapet arisan. Tapi waktu itu nggak buru-buru beli. Masih mikir-mikir gimana caranya setting dan sebagainya. Ntar kalau salah nyetting trus blog ku ilang gimana? Trus nanya ke siapa? Trus aku kebingungan dalam derita. Horor banget kan...hal yang sangat sangat saya takuti.

Bulan oktober berlalu, menginjak bulan berikutnya. Tapi ini blog malah ngganggur nggak kira-kira. Alesannya sibuk, alesannya banyak urusan, padahal ya cuma males aja. hahahah

Bulan desember, saya berujar lagi. Kalau bulan ini dapet arisan lagi, itu tandanya emang saya harus bener-bener beli domain. Ehhhh...lha kok kebeneran dapet arisan lagi. Tapi lagi lagi, semua itu masih sekedar kemauan belaka. No Action. Meski sudah googling tentang cara-caranya tetap aja nggak beli beli.


Sampai akhirnya, petasan tahun baru meletus di mana-mana. Dan saya ngerasa bersalah banget udah mengingkari janji. Udah taun 2017 mak, tapi masih manis di bibir ingkar di hati. Tiap mau bikin postingan, setan dalam hati selalu ngebujukin, "postingnya ntar aja lah...kalau udah ganti domain"

Lha...beli domainnya kapan?

Sampai akhirnya... tepat di hari spesial, tanggal 11 januari kemarin, tiba-tiba saya langsung googling dan chat sama salah satu penyedia layanan jual domain ( bener gak nih, namanya?). Saya menjatuhkan pilihan pada IDwebhost Penyedia Jasa Layanan Hosting & Domain No 1 di Indonesia. Awalnya cuma pengen nge tes doang nanya ini itu. Dijawab nggak, kalau nggak di jawab, berarti ya mundur.

Chat pertama, saya bertemu dengan Customer Service yang irit banget ngomongnya. Jawabnya sekuprit- kuprit. Pertanyaan saya dijawab semua sih, tapi kan saya juga butuh diyakinkan #eaaa..Rasanya pengen mundur lagi. Tapi dari jawaban-jawaban yang diberikan, saya justru makin penasaran.

Tambah lagi, mengingat arisan udah nggak ada harapan yang keluar. Jadi udah nggak bisa ngomong ntar kalo dapet arisan mau beli domain, akhirnya saya coba chat ke dua.

Chat yang ke dua membuat saya makin penasaran. CS nya juga menjawab dengan panjang lebar. Diyakinkan kalau nanti, untuk penyetingannya akan dibantu sampai berhasil. Kalau ada masalah dengan domainnya pun dipersilahkan nanya-nanya lagi sampai mengerti.

Hati saya langsung berbunga-bunga dong...berasa ada temen yang siap bantuin. semoga saja nggak cuma manis di email aja ya...

Dan nggak tau kenapa, setelah yakin dengan pemilihan nama domain, saya langsung klak klik klak klik trus transfer. Saya sampai lupa ritual semedi tujuh hari tujuh malam untuk menentukan nama domain yang akan saya pakai lho...

Selesai transfer, trus konfirmasi. Sejam dua jam ditunggu kok gak gak ada konfirmasi pembayaran berhasil?

Langsung gemeteran deh...Saya coba chat dengan CS nya, lalu saya diminta untuk mengirimkan bukti transfer. Setelah kirim bukti, saya coba cek E mail dan berhasil. Yeey....

Lalu kemudian petualangan "Ndeso" saya pun dimulai hahahaha...

Setelah pembelian domain dinyatakan berhasil, sayapun bingung. Lha trus biar blog saya berubah jadi dot com trus gimana?. Cuma gitu doang? Cuma beli , bayar trus udah?

Nggak mungkinlah...dia aja nggak nanya-nanya blog saya apa. Saya kirim email lagi ke CS nya, dan dijawab dengan bahasa planet. Banyak istilah yang saya nggak ngerti maksudnya. Blas nggak ngerti. Maklum lah...udah pemula, emak-emak pula:D

Apa itu DNS? Apa itu Nameserver? Ditulis dengan angka-angka yang bejibun kayak gitu?

Walah mak...sesak dadaku. Untung nggak langsung kejang-kejang:D. Saya coba googling tapi tetap tidak mengerti juga. Sampai saya ketik keyword di google search "kalau sudah beli domain trus ngapain" hahahaha...Dan ternyata google nya malah error.

Karena nggak mau uang melayang begitu saja, akhirnya saya E mail lagi ke IDwebhost. Isi email nya kira-kira begini, "jadi...berhubung saya seorang pemula dan nggak tau istilah-istilah yang di berikan tadi. Tolong jelaskan, kalau sudah berhasil beli domain, trus apa yang harus saya lakukan?" Dalam hati rada ngakak juga, sih. hahaha

Trus kemudian, sama CS nya dikirimi sebuah link tutorial penyetingan blogspot menjadi dot com. Tutorialnya jelaaaaas banget sebenernya, tapi berhubung saya masih rada asing dengan istilah-istilahnya jadinya agak gemeteran juga pas mulai ngotak atik.

Kalau udah ke dua pasti udah nggak nak nuk lagi deh dan nggak perlu nanya-nanya kayak saya. Waktu proses penyetingannya itu, meskipun caranya udah jelas banget tetep aja saya kirim e mail bolak balik. Kok setelah di klik nggak muncul ini, kok Gambar ku nggak sesuai dengan yang ada di tutorialnya. Kok begini, kok begitu. Entah berapa kali saya kirim email untuk nanya-nanya. Dan untungnya, sama CS nya langsung di jawab.

Yang bikin ayem tentrem justru tulisan di akhir e mail nya itu. Bunyinya begini," Silahkan dicoba, jika masih belum mengerti silahkan tanyakan kembali"

Ah...damai rasanya. Bener-bener kayak punya temen.

Dari siang sampai menjelang maghrib saya ngotak atik pengaturan domain nya. Yang bikin keringetan itu, waktu kelola DNS dan mengubah nameservernya. Karena jaringan internet saya agak lemot, jadi selalu gagal masukin kode nya.

Sampai menjelang maghrib, dan belum berhasil juga, rasanya saya pengen nangis guling guling. Pengen nyerah aja gitu...Tapi perasaan itu langsung tersingkirkan begitu saja. Tiap saya nanya, langsung dikasih E mail jawaban. Hiks...hiks...terharu.

Dan tepat saat adzan maghrib berkumandang dari masjid belakang rumah, saat itu juga saya menyelesaikan semua tahapan yang di berikan di tutorialnya. Alhamdulillah...lega rasanya.

Tinggal tunggu kira-kira 7-8 jam untuk mengetahui apakah settingannya berhasil apa tidak. Berhubung saya orangnya nggak sabaran, jadi setelah Isya udah ku coba cek di google search. Dan ternyata....berhasil! Yey...

www.bundashasha.blogspot.co.id sudah berubah menjadi http://www.bundasha.com/ (siap-siap tumpengan)

Tapi sayangnya, waktu itu tiap kali ketik bundasha.com selalu error. Saya ngerasa ada yang aneh, kemudian nanya lagi. Trus katanya, di settingan blogspot nya ada yang belum dicentang. Nah lho...yang bagian mananya?

Dan sayapun masih aja nanya, " Jadi...yang dicentang itu yang bagian mananya ya mas?"

Hahaha...Ah, nggak pinter banget.

Untungnya online, kalau berhadapan langsung, mungkin saya udah tutupan muka pakai panci. Setelah urusan centang mencentang itu selesai, akhirnya benar-benar lega.

Terima kasih IDwebhost atas bantuannya ya...semoga sukses selalu.

Ngomong-ngomong, itu nama CS nya unik-unik banget ya...bisa jadi ide nama tokoh novel lho... hahaha(emak gagal fokus)














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan-Jalan Nikmat di Kampung Turis

Waktu pertama kali dengar nama kampung turis, bayangan yang terlintas di benak adalah sebuah kampung yang banyak turisnya. Atau...sebuah tempat yang isinya menjual aneka jajanan berbau asing. Kayak di kampung cina, yang isinya macam-macam barang yang berbau kecinaan. Tapi ternyata saya salah. Kampung turis ternyata sebuah resto(tempat makan), tempat ngumpul bareng, tempat renang, tempat main anak, sekaligus tempat nginep. Bahasa gaulnya, Resort and Waterpark. Kampung Turis berlokasi di Kp. Parakan, desa Mekar Buana, kecamatan Tegal Waru-Loji, kab Karawang, Jawa barat. Jadi ceritanya, minggu pagi itu rencananya kami sekeluarga mau ke curug Cigentis. Di daerah Loji juga. Tapi berhubung pagi itu, saat mau berangkat mobil ngambek jadilah kami nunggu mobil pulang dari bengkel. Pulang dari bengkel sudah jam 11 siang. Kalau nggak jadi berangkat rasanya galau banget, kalau berangkat sepertinya tidak memungkinkan karena perjalanan dari rumah ke Loji saja sudah 2 jam. Kalau mau nekat ke curu

Tips Agar Kursus Online Bisa Efektif Ala Bunda Sha

Foto: www.pexel.com Akhir-akhirini, di media sosial banyak sekali kursus online. Kursus memasak, kursus menulis, kursus buat ini itu. Banyak sekali. Kursus-kursus itu juga dibanderol dengan harga yang cukup menggiurkan. Terjangkau banget untuk emak-emak seperti saya yang males keluar ikut kursus di luaran sana. Salah satu hal yang paling saya sukai ikut kursus online itu, nggak harus pergi-pergi, nggak harus macet-macetan, nggak harus ngatur gimana waktunya antara anak dan keluarga. Cukup duduk di rumah saja dapet ilmunya. Meskipun begitu, saya tetep harus memperhitungkan banyak hal dong ya, biar kursusnya tetep jadi ilmu yang bermanfaat nggak asal nyomot kursus. Dua bulanan ini, saya lagi ngebut ikut kursus. Selain karena butuh, juga karena harganya yang lagi murah meriah. Nah, sebelum memutuskan ikut kursus, biasanya saya mempertimbangkan dulu hal-hal di bawah ini: Kursus online yang sesuai passion Namanya juga emak-emak haus ilmu, kadang denger ada obralan kursus ya

Apa Itu Blogwalking?

Foto: www.Auliatravelmedan.com Bagi blogger yang sudah lama terjun di dunia blog, blogwalking tentu bukanlah hal yang asing lagi. Tapi bagi para blogger pemula, blogwalking adalah sesuatu hal yang baru. Sampai-sampai, kadang pada bingung. Bogwalking itu ngapain aja sih? Blogwalking bagi sebagian para blogging sering disebut dengan istilah BW. Adalah salah satu aktivitas seorang blogger berkunjung ke blog lain dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus sebagai ajang perkenalan untuk blognya. Jadi blogwalking itu baca postingan di blog orang lain trus komentar gitulah, intinya. Kenapa harus komentar? Ya biar pemilik blog yang kita kunjungi tau, siapa saja para pengunjung blognya. Blog siapa saja yang sudah beerduyun-duyun datang ke "rumah"nya. Emang kalau nggak komentar kenapa? Kalau kita nggak komentar, tentu pemilik blog nggak akan tau kalau kita sudah berkunjung ke blognya. Karena biasanya, kalau kita komentar, link URL blog atau google p